Asin Garam Lokal Bisa Memenuhi Kebutuhan Nasional

0
201

Satelit9.Com – Tuban; Memberikan Motivasi Petani Garam, Bupati Tuban, KH. Fathul Huda hadir saat panen garam  di Desa Leran Wetan Kecamatan Palang.

Dalam sambutannya mengharapkan adanya peningkatan produksi petani garam lokal. Oleh karena itu Pemkab Tuban melalui Dinas Perikanan dan Peternakan  melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kapasitas para petani tersebut.

Hal ini dimaksudkan agar garam produksi mereka juga bisa digunakan untuk kebutuhan industri. Selama ini kebutuhan garam industri dipenuhi melalui impor.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban, M.Amnan mengatakan, keharusan untuk mengimpor tidak lepas dari belum mampunya para petani garam lokal untuk memenuhi kebutuhan para pelaku industri.

Selain itu, harga garam lokal juga lebih mahal daripada garam impor dan kualitasnya juga masih berada di bawah garam impor.  Garam industri harus sekurang-kurangnya mengandung lebih dari 96 persen natrium klorida.

Karena itu, kata Amnan, Pemkab Tuban melalui Dinas yang dipimpinnya mengupayakan berbagai kegiatan untuk peningkatan kapasitas mereka dalam bertani garam sehingga hasil produksi garam lokal juga bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan industri,” terangnya seperti dikutip dari keterangan yang diberikan ketika panen, Rabu (26/12/2018).

Hasil yang dicapai dari  mengenalkan teknologi yang melibatkan kerja sama dengan Universitas Brawijaya Malang di Desa Leran Wetan Kecamatan Palang, antara lain pertama, petani Garam tetap bisa panen walaupun musim hujan. Kedua dari uji Lab kandungan Garam mengandung Natrium klorida mencapai 98 % yang sudah bisa masuk garam Industri.

Amnan berharap, pemerintah Pusat juga seharusnya bisa memaksimalkan peran penyuluh supaya mereka bisa memberikan pendampingan kepada para petani. Sehingga potensi peningkatan pendapatan petani melalui garam industri bisa segera ditanggapi secepat mungkin. Memperluas lahan tambak garam secara efektif.  Peningkatan kapasitas petani secara masif agar petani garam bisa memenuhi kebutuhan kualitas dan kuantitas garam Nasional. (IR)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here