Menanti Wisata Pasar Sapi Modern Dan Syariah

0
169

Satelit9.com- Tuban;  Bumi wali Kabupaten Tuban  masuk rangking kedua di Jawa Timur dengan  jumlah  populasi sapi sebanyak 324.937 ekor. Dengan  daerah sebaran peternakan sapi berada  di Kecamatan Palang, Bancar, Tambakboyo, Montong, Rengel dani Semanding. 

Saat ini pasar sapi terbesar di Tuban terletak di Jalan Hos Cokroaminoto, Gedongombo, Semanding, Kabupaten Tuban . Di  pasar ini peternak sapi, pedagang sapi, makelar sapi bertemu dan bercampur jadi satu. Bahkan dijumpai peternak hanya pasrah kepada makelar sapi. Calon pembeli sulit membedakan antara pemilik dan makelar sapi.

Kondisi arena transaksi yang sulit untuk dibedakan antara lapak sapi dan tempat pengujung merupakan fenomena yang ditemui setiap hari Ahad. Bahkan di musim hujan pasar itu berubah wajah menjadi arena lumpur yang bercampur kotoran sapi. 

Sudah saatnya  pasar sapi Tuban merubah penampilan, dengan regulasi  pengusaha daging sapi dapat bertemu dan bertransaksi langsung dengan peternak. Melengkapi fasilitas pasar hewan dengan timbangan. memiliki sertifikat halal atau nomor legalitas (nomor Kontrol Veteriner) rumah potong hewan yang menandakan sudah layak uji potong. Minimarket penjualan daging secara ritel. Menyediakan Sentra kuliner yang rapi, dan melengkapi fasiltas umum yang memadai.

Diharapkan  dengan dibangunnya pasar hewan modern, dan syariah jumlah pengusaha daging yang menggunakan RPH meningkat, pendapatan peternak meningkat,  pengunjung pasar juga meningkat. (IR)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here